Resep Martabak Manis Mini Bangka Spesial

Resep martabak manis - Jajanan enak martabak ternyata tidak hanya martabak telur saja, ada juga martabak yang tidak menggunakan cabai dan bawang, malah rasanya 160 derajat berbeda dengan jenis martabak yang biasa Anda makan, karena martabak ini memiliki rasa yang manis seperti kue. Martabak manis namanya, martabak yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, dan bahan lainnya memiliki rasa yang tak kalah enaknya dari martabak telur.

Martabak manis ini sangat terkenal di daerah Bangka, dan merupakan makanan khas Bangka, sehingga banyak orang menyebutnya martabak manis Bangka. Selain itu banyak juga orang yang menyebutnya martabak manis mini karena bentuknya yang kecil. Walaupun rasanya manis, martabak manis mini khas Bangka ini pasti akan membuat lidah Anda ketagihan ingin mencobanya lagi, karena rasanya yang enak dan lezat. Nah, pasti Anda tak sabar ingin mengetahui resep martabak manis ini.
resep martabak manis
Resep martabak manis (c) tips-cara.info
Bila Anda sangat ingin mencicipi martabak manis ini, dan di lingkungan tempat tinggal Anda sulit menemukan martabak manis ini, Anda tenang saja, Bangoe.com akan membagikan resep cara membuat martabak manis bangka untuk Anda. Bangoe.com yakin resep martabak manis mini Bangka ini sangat mudah untuk Anda coba sendiri dirumah. Berikut resep martabak manis mini Bangka.


Resep Martabak Manis Enak

Bahan yang diperlukan untuk membuat martabak manis:
  • 125 gram tepung terigu 
  • 50 gram gula pasir 
  • ¼ sdt baking powder 
  • 1 sdt ragi instant 
  • ¼ sdt garam175 ml air 
  • 2 butir telur 
Untuk taburan atau isi:
  • Gula pasir 
  • susu kental manis 
  • Keju cheddar, meises 
Cara membuat martabak manis:
  • Cara membuat martabak manis, hal pertama campur dan kocok tepung terigu, masukkan gula pasir sekitar 25g, masukkan baking soda dengan air sampai lembut. Masukkan ragi instan dan diamkan minimal 1 jam.
  • Langkah kedua kocok telur dengan sisa gula pasir sampai menjadi rata, masukkan ke dalam adonan tepung, dan aduk sampai rata.
  • Panaskan cetakan martabak dengan api yang kecil, jangan lupa mengoles minyak atau margarin. Selanjutnya tuangkan adonan kek dalamnya, tunggu sampai adonan mengelurkan buih atau berpori. Taburkan gula pasir dan tutupi hingga matang. Lalu angkat.
  • Langkah terakhir resep martabak manis, oleskan martabak dengan margarin dan taburkan meses, keju dan tuangkan susu kental manis. Belah menjadi dua bagian dan lipat membentuk setengah lingkaran. Potong kecil-kecil, dan martabak manis mini khas Bangka sudah siap untuk dihidangkan.
Nah itulah cara membuat martabak manis, resep martabak Bangka, dan resep martabak manis mini Bangka. Ternyata resep martabak manis ini sangat mudah dan gampang untuk Anda coba sendiri di rumah. Martabak manis mini khas Bangka ini sangat enak dal lezat bila dinikmati dengan minuman panas, seperti kopi,susu dan teh.

Demikian resep martabak manis yang Bangoe.com bagikan untuk Anda yang Bangoe.com dapat dari sumber tepercaya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda, dan bisa menambah wawasan Anda tentang resep masakan khas nusantara. Selain resep martabak manis mini Bangka, lihat juga resep kue yang tak kalah enaknya seperti resep donat kentang, dan resep kue nastar. Terimakasih!